Pound Fit, Olahraga Gabungan Kardio dan Pembentukan Tubuh

Ada yang pernah dengar olahraga POUND FIT? Jika belum, olahraga ini merupakan gabungan antara kardio dan pembentukan tubuh yang menggunakan stick atau biasa dibilang RIPSTIX. Menurut Sistya, sertifikasi instruktur Pound Fit mengatakan bahwa olahraga ini baru masuk ke Indonesia tahun 2016.

“Pound fit itu olahraga kardio yang dicampur dengan pembentukan jadi kita harus kuat di tubuh bagian bawah dan core. Yang membedakan olahraga ini dengan yang lain kita menggunakan ripstix karena pound fit itu terinspirasi dari drum. Ripstix itu sendiri ada beratnya masing-masing sekitar 200 gram jadi itu untuk melatih tubuh bagian atas, itu yang bikin beda. Dengan menggunakan ripstix kita bisa ikutin ritme musiknya jadi lebih menyenangkan dan lebih rockstar!,” jabar Sistya kepada Reps-Id saat ditemui di GOIFEX, (22/2).

Pound Fit sendiri bisa dilakukan oleh semua kalangan usia dari yang muda hingga tua, artinya tidak ada batasan usia dalam melakukan olahraga ini. Meski begitu, wanita yang akrab disapa Tya ini mengatakan untuk melakukan olahraga ini harus ada instruktur yang memperhatikan gerakan-gerakannya.

“Karena itu gerakan dasar seperti, squat, lunges jangan sampai ada beban di bagian tertentu yang menyebabkan cedera. Jadi instructor harus sangat memperhatikan gerakan-gerakan membernya,” terang Tya.

Lantas, mengapa Pound Fit baik untuk  semua umur? Lebih lanjut Tya menerangkan bahwa olahraga ini melatih otot-otot yang sangat menunjang investasi tulang dan otot di tahun-tahun mendatang. Jadi sangat bagus sekali untuk investasi di masa tua.

“Kita juga ada pound generation yang di khususkan untuk anak-anak jadi kita harus melatih semua fisik termasuk otot karena sangat menunjang untuk tulang. Bagus banget untuk segala usia,” tambahnya.

Meski olahraga ini sangat menyenangkan namun sangat disayangkan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu akan Pound Fit itu sendiri.

“Karena keterbatasan ripstix-nya jadi tidak bisa semuanya ikut kelas pound fit karena wajib pake ripstix, meski begitu banyak sekali dari luar kota yang mengundang kami untuk mengenalkan olahraga ini. Sejauh ini sudah banyak yang tahu namun masih ada beberapa daerah yang belum tahu,” jabarnya.

“Untuk mengenalkan olahraga ini, yang pertama saya biasa kasih postingan seputar pound fit di sosial media dan juga mengisi di event-event outdoor seperti di car free day. Harapannya dengan mengikuti pound fit masing-masing member dapat merasakan body awareness semakin meningkat. Dan mudah-mudahan semua member paham dengan gerakan pound fit dan mengerjakannya dengan benar dan akan dikenal di seluruh Indonesia khususnya. Karena olahraga ini oke banget, ROCKSTAR!,” Tutup Tya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X