Makanan-Makanan Yang Pembentuk Six Packs

Taukah kalian untuk mendapatkan perut idaman yang rata dan berbentuk, gym saja tidak akan cukup. Pastinya kalian juga harus mendukunga kebiasaan kalian dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan tinggi protein yang dapat meningkatkan massa otot dan menambah jumlah protein dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan massa otot dan membentuk perut kalian:

Kacang

Kacang-kacangan kaya akan serat yang bagus untuk membersihkan usus dan memperlancar pencernaan Anda. Selain itu, kacang-kacangan juga dapat membakar lemak dan membentuk massa otot. Menurut dr Tirta, salah satu jenis kacang dengan manfaat super adalah almond. “Kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang lebih banyak ketimbang jenis kacang lainnya,” kata dr. Tirta Prawita Sar, M.Sc., Sp.GK, ahli nutrisi dan pengajar di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Vitamin E merupakan mikronutrien yang membantu proses pembentukan massa otot.

Susu Kedelai

Seporsi susu kedelai mengandung 2 gram serat lebih banyak daripada susu sapi, ungkap dr. Tirta. Itu membuat susu kedelai efektif membantu tubuh Anda merasa kenyang lebih lama. Susu kedelai juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah. Inilah yang membuatnya sangat dianjurkan untuk diet pembentukan sixpack. “Susu kedelai juga secara alami telah mengandung gula, rasanya cenderung lebih manis ketimbang susu sapi. Anda tak harus menambahkan gula sehingga bisa mengurangi asupan gula Anda,” tambah dr. Tirta.

Ubi

Menurut The U.S. Sweet Potato Council Inc., ubi yang dimasak beserta kulitnya memiliki lebih banyak serat dibanding seporsi oatmeal. Ubi juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi dan roti. “Bagi Anda yang sedang menjalani diet, ubi bisa menjadi alternatif asupan karbohidrat terbaik. Ubi mentah berukuran sedang mengandung 112 kalori, bebas lemak, kolesterol dan rendah sodium serta mampu memberikan energi lepas berkala sekaligus membuat perut Anda kenyang lebih lama,” jelas dokter yang juga Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi ini.

Daging Merah

Daging merah mengandung protein yang sangat baik sebagai “makanan” untuk otot – membuatnya tumbuh lebih besar dan cepat. Pilih potongan yang rendah atau tanpa lemak seperti tenderloin (has dalam) dan topside (has luar). Studi klinik nutrisi di Amerika membuktikan, mereka yang memasukkan daging merah dalam menunya membakar kalori lebih banyak dibanding mereka yang makan sama banyak tetapi tanpa dagin merah. “Rupanya, protein dalam daging dapat menjaga kebutuhan kalori di bagian massa otot tubuh. Kuncinya, pilih daging tanpa lemak,” kata dr. Tirta.

Telur

Telur mengandung protein dan vitamin B12 yang sangat tinggi yang berfungsi untuk memecah sel-sel lemak yang ada dalam perut dan membantu pembentukan otot. “Telurs mengandung semua asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan otot di perut Anda,” tegas dr. Tirta. Manfaat ekstra : Telur juga mengandung vitamin dan mineral, kaya akan riboflavin, folat, vitamin B6, B12, zat besi, dan fosfor.

Selai Kacang
Selai yang satu ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Tiap 2 sendok makan selai kacang mengandung 3 miligram vitamin E sebagai antioksidan, 49 miligram magnesium untuk membangun tulang, 208 miligram kalium yang baik untuk otot, dan 0,17 miligram vitamin B6 untuk meningkatkan kekebalan tubuh. “Selai kacang juga kaya akan protein, serat, dan lemak tak jenuh tunggal, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama, menyehatkan sistem pencernaan, dan tidak membuat berat badan bertambah,” jelas dr. Tirta. Selai kacang juga mengandung polifenol, sebuah antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas yang memiliki kemampuan merusak sel-sel dan jaringan tubuh yang dapat memicu kanker.

Gandum

Gandum tidak pernah bergeser dari peringkat atas makanan pembentuk six-pack. Ini karena kandungan seratnya yang luar biasa – membuat Anda kenyang lebih lama, meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Tapi, hati-hati dalam memilih roti gandum. Roti gandum yang ‘benar’ adalah roti yang terbuat dair tepung whole wheat. “Biasanya, produsen akan memberikan label whole wheat bread pada bungkusnya. Namun secara tekstur butiran-butiran kasar. Kalau dirasakan, ada sedikit rasa asam.

Pastikan kalian memasukan jenis-jenis makanan berikut di diet kalian demi mendapatkan bentuk tubuh ideal sesuai keinginan kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X