Kesalahan Saat Melakukan Fitness

Jika sudah memutuskan ke tempat fitness biasanya seseorang sudah memiliki tujuan yaitu olahraga, entah itu pengen kurus, pengen ngecilin perut, pengen ngebentuk badan, pengen nggedein badan, pengin nambah tinggi badan, atau pengen sehat saja dan sebagainya. Di dalam bayangan orang awam, ke tempat fitness berarti datang, terus ngangkatin besi-besi, ngangkat yang berat, terus selesai, pulang. Sedihnya, banyak yang melakukan seperti itu di tempat fitness, dan besoknya kapok gak ingin fitness lagi karena badan njarem, pegel, dan sakit semua. Dan faktanya ternyata masih banyak sebenarnya kesalahan-kesalahan saat fitness yang dilakukan baik itu bagi fitnesmania yang pemula maupun yang bangkotan sekalipun. Berikut adalah kesalahan, yang kerap dilakukan saat Anda melukukan fitness.

Tidak Melakukan Pemanasan

Pemanasan sebenarnya adalah mempersiapkan tubuh sebelum melakukan aktifitas fisik dengan cara meningkatkan suhu tubuh secara perlahan. Saat pemanasan, detak jantung juga meningkat secara perlahan sebagai persiapan sebelum melakukan aktifitas fisik yang lebih berat lagi. Buat yang masih bingung, pemanasan bisa dilakukan dengan cara jalan di treadmill atau di mesin elliptical selama 5-10 menit. Tanda kalau tubuh sudah siap untuk aktifitas fisik yang lebih berat adalah, suhu tubuh mulai menghangat, detak jantung menjadi lebih cepat, dan mulai muncul benih-benih keringat di wajah.

Tidak Melakukan Stretching

Peregangan amat penting untuk melenturkan otot kita, stretching juga tidak kalah penting dan perlu dilakukan setelah melakukan pemanasan. Tidak perlu harus ditarik yang terlalu ekstrim takutnya malah cedera nanti. Cukup di stretch/diregangkan sesuai dengan jangkauan gerakan di daerah leher, bahu, pergelangan tangan, pinggang, punggung, dan kaki.

Langsung Mengangkat Beban

Setelah pemanasan dan peregangan apa Anda langsung bisa mengangkat beban berat? Hal ini memang tergantung kekuatan badan masing-masing ya. Namun untuk mencari amannya carilah beban yang bisa diangkat 15x repetisi untuk set pemanasan. Tujuannya agar otot yang dilatih bisa berkenalan dulu dengan tubuh Anda, setelah itu Anda bisa mulai ke set inti 8x repetisi/6x/10x repetisi.

Pernahkah Anda melakukan kesalahn berikut? Jadi sekarang mulailah Anda melakukan pemanasan sebelum melakukan fitness.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X