Jamur Makananan Nikmat Kaya Protein

Protein memang menjadi asupan yang amat penting bagi tubuh, bukan hanya dapat ditemukan dalam berbagai macam daging-dagingan namun protein tinggi ternyata juga terkandung didalam jamur.

Sebelumnya jamur tumbuh dengan sendirinya di tempat yang lembab, namun karena permintaan masyarakat yang semakin banyak, jamur kerap di budidayakan.

Jamur memiliki manfaat untuk menanggulangi masalah kesehatan seperti kanker, kolesterol tinggi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menurunkan berat badan. Sebelum mengetahui manfaat sehatnya, berikut jenis-jenis jamur yang aman dan sehat dikonsumsi:

Jamur tiram (Pleurotus Ostreatus)
Jamur kancing (Agaricus Bisporus)
Jamur shiitake (Lentinus Edoses)
Jamur merang (Volvariella Volvaceae)
Jamur kuping (Auricuralia Polytricha)

Jamur memang berbeda dengan sayur-sayuran hijau yang sering kita temukan di ladang, karena jamur merupakan tumbuhan Saprophytes yang mana tidak mengandung klorofil dan berkembang biak dengan mengekstraksi nutrisi dari tumbuhan dan hewan yang membusuk. Namun mereka juga memiliki kandungan yang lengkap seperti protein, vitamin, mineral, asam amino, antibiotik dan juga antioksidan.

Berikut manfaat jamur untuk kesehatan tubuh:

Makanan tanpa kolesterol

Jamur adalah sayuran sehat yang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Jamur mengandung protein yang bersih tanpa lemak serta sangat rendah karbohidrat. Serat dan enzim yang terkandung di dalam jamur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Bahkan kandungan protein yang ada dalam jamur juga membantu membakar kolesterol saat dicerna. Dengan menyeimbangkan kolesterol jahat dan kolesterol baik, Anda dapat mencegah beberapa penyakit, diantaranya artherosclerosis, serangan jantung dan stroke.

Mencegah Anemia

Jika Anda memiliki masalah anemia, Anda dapat menjadikan jamur sebagai cemilan favorit Anda. Jamur adalah sumber zat besi yang baik dan kaya akan kandungan sehat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram jamur, terkandung 0,5 mg zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah. Jamur juga mengandung tembaga yang menyerap zat besi dari makanan, kemudian melepaskannya ke organ penyimpanan tubuh seperti hati.

Nah bagaimana? Banyak bukan manfaat dari jamur yang pastinya sayang sekali jika Anda tidak mulai mengkonsumsi jamur dari sekarang. Bukan hanya nikmat jamur pastinya memiliki banyak manfaat kan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X