(Video) GEMUKIN BADAN DULU ATAU LANGSUNG LATIHAN ?

Selain dengan menurunkan berat, ternyata menambah berat badan juga bisa menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Saat orang-orang yang bertubuh gemuk sedang dipusingkan dengan program diet yang ketat, maka orang yang bertubuh kurus justru sedang giat untuk menaikkan berat badannya.

Perbedaan tujuan tersebut sebenarnya mengarah pada hal yang sama, yaitu ingin mendapatkan berat badan yang ideal.

Cara Membentuk Massa Otot

Bagaimanapun juga, faktor keturunan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan jenis tubuh seseorang.

Meski demikian, bukan berarti bahwa mereka yang bertubuh kurus tidak memiliki kesempatan untuk menambah berat, karena masih ada langkah-langkah yang bisa diusahakan.

Bingung mau gemukin badan atau latihan untuk membentuk otot terlebih dahulu? Yuk nonton video diatas untuk mengetahui solusinya!

Salah satunya adalah dengan membentuk massa otot. Nah, untuk menambah massa otot kamu, berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

Tingkatkan Asupan Kalori

Cara paling sederhana untuk meningkatkan berat badan sekaligus menambah massa otot adalah dengan menambah asupan kalori harianmu. Namun usahakan peningkatan kalori ini dilakukan secara bertahap dan tidak berlebihan. Terlalu banyak kalori di dalam tubuh hanya akan diubah menjadi lemak.

Jika sudah demikian, kamu tidak akan mendapatkan tubuh yang besar berotot, melainkan tubuh yang besar dengan lipatan lemak. Untuk memenuhi asupan kalori ini, kamu bisa mengonsumsi ikan, telur, daging, dan berbagai produk olahan susu.

Selain itu, konsumsi pula makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan. Makanan dengan kandungan zat tepung seperti kentang juga sangat bagus dalam memenuhi asupan kalori harian.

Perbanyak Camilan

Agar berat dan massa otot kamu bisa bertambah, maka ubahlah pola makanmu. Mulailah dengan kebiasaan makan 2-3 jam sekali.

Pola makan seperti ini bisa dibagi menjadi 6 kali, di mana 3 kali makan dengan menu utama dan 3 kali dengan makanan yang ringan seperti camilan. Untuk camilan, kamu bisa memilih buah kering, granola, atau energy bar.

Hindari Junk Food

cara membentuk massa otot

Cara membentuk massa otot selanjutnya adalah dengan menghindari junk food. Sekalipun kamu ingin menambah berat, namun makanan seperti pizza atau burger sebaiknya dihindari karena memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi serta lemak jahat yang merugikan kesehatan.

Konsumsi junk food memang terbukti bisa menambah berat badan, namun penambahan ini pada hal lemak, bukannya otot sehat.

Pola Makan Seimbang

Cara membentuk massa otot selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan. Pola makan yang seimbang akan membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan berprotein, vitamin, pati, dan mineral. Usahakan pula untuk menghindari makanan dengan kandungan lemak jahat seperti daging merah, margarin, dan minyak goreng.

Latihan Beban

cara membentuk massa otot

Latihan beban sangat penting untuk membentuk massa otot. Latihan beban akan membantu massa ototmu menjadi lebih besar yang secara otomatis akan diikuti oleh peningkatan berat badan.

Selain itu, latihan beban juga akan membantu tubuh kamu untuk terlihat lebih atletis. Kamu bisa melakukan latihan beban seperti squatsdeadliftbench pressbarbell rowspull-ups, dan bar dips.

Untuk menambah berat pada bagian atas tubuh, maka lakukanlah push upStanding heel raise untuk membentuk betis, squat untuk membentuk otot paha, pull-up untuk membentuk lengan dan punggung, dan sit-up untuk perut.

Apabila tubuh kamu sangat kurus, usahakan untuk tidak melakukan latihan beban yang berlebihan karena meningkatkan resiko cedera seperti kelelahan, nyeri, insomnia, hingga depresi. Untuk itu, lakukanlah latihan beban berdasarkan apa yang bisa kamu kuasai lalu tingkatkan secara bertahap.

Konsumsi Suplemen

cara membentuk massa otot

Mengkonsumsi Suplemen Penambah Massa Otot

Kamu bisa juga mempercepat proses penambahan massa otot ini dengan mengonsumsi suplemen khusus. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen atau susu penambah berat badan. Namun pastikan bahwa suplemen tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuhmu.

 

 

source :

2Nine Fit Indonesia

https://www.laksani.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X