Apakah Benar Vitamin C Membuat Kita Ketagihan?

Banyak suplemen yang dapat memaksimalkan kita dalam berolahraga dan beraktivitas tidak terkeculi Vitamin C yang baik untuk tubuh dan pastinya mencegah kita dari sakit karena dapat meningkatkan metobolisme tubuh dan menjaga kesehatan tubuh serta kulit. Namun dimasyarakat, ada anggapan bahwa kebiasaan mengonsumsi suplemen vitamin C bisa membuat seseorang ketagihan.

Benarkah begitu? Menurut Dr. Matthew Lantz Blaylock, BS, Ph.D, MP NLP, ACMC, ahli nutrisi nasional dan pengajar dari Universitas Ciputra, stigma bahwa kebiasaan meminum suplemen vitamin C bisa membuat orang ketagihan merupakan sebuah kekeliruan dan perlu diluruskan. Ia menegaskan, konsumsi suplemen vitamin C tak sama sekali menimbulkan sensasi adikitf bagi tubuh seseorang. Sebaliknya, aku Matthew, suplemen vitamin C dibutuhkan setiap hari supaya sistem imunitas tubuh seseorang terjaga.

“Untuk bisa menjaga daya tahan tubuh, kita semua perlu makan 5 jenis sayur dan 5 jenis buah. Tapi jarang sekali kan yang memenuhi itu. Karenanya, kita membutuhkan suplemen vitamin C untuk melengkapi semua dari kekurangan vitamin-mineral yang tak kita dapatkan dari makanan yang kita makan. Bahkan, saat ini, bisa dibilang wajib mengonsumsi suplemen vitamin C, melihat pola makan orang relatif kurang sehat” terangnya dalam acara yang bertema peluncuran produk terbaru Reckitt Benckisser, di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017)

Jadi dia memastikan kembali bahwa seseorang tidak perlu khawatir akan ketagihan vitamin C. Konsumsi suplemen vitamin C tidak memberi efektif adaptif laiknya narkotika. Matther juga kembali menegaskan mengenai kesimpangsiuran mengenai suplemen vitamin C bisa menyebabkan resistensi. Menurutnya, konsumsi vitamin C secara rutin tidak membuat resistensi atau tubuh menolak vitamin. Justru, seharusnya tubuh membutuhkan vitamin C dengan jumlah yang cukup.

“Anda bisa mengonsumsi makanan segar dan alami, yang terdiri dari makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin-mineral). Dan untuk melengkapi yang sudah Anda makan, Anda bisa mengonsumsi suplemen agar daya tahan tubuh tetap oke,” pungkasnya. Jadi jangan takut untuk kalian mengkonsumsi vitamin C karena vitamin C bukan hanya baik namun jug tidak menyembabkan ketagihan pada penggunanya. Sudahkah Anda mengkonsumsi Vitamin C hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X